pencegahan penyakit gondok

Gondok adalah pembengkakan di leher yaitu kelenjar tiroid yang membesar. Umumnya penyakit gondok disebabkan oleh kekurangan yodium dalam tubuh. Kekurangan yodium pada wanita hamil sangat berbahaya karena dapat menyebabkan bayi meninggal dunia atau dilahirkan dengan keterbelakangan mental dan tuli meskipun si ibu tidak menderita penyakit gondok.

Penyakit gondok atau gondongan tersebar di seluruh dunia dan dapat timbul secara endemic atau epidemik, Gangguan gondok ini cenderung lebih sering menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun. Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya.
Gejala penyakit Gondok :
Terjadi pembengkakan pada kelenjar ludah
Selera makan menjadi berkurang
Sering merasa mual bahkan sampai terjadi muntah yang berulang kali
Serigkali merasakan dengungan di telinga
Mulut terasa tegang dan nyeri, terutama saat mengunyah dan menelan makanan
Suhu badan menjadi tinggi
Gondok bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang banya mengandung yodium, diantaranya garam dapur, ikan laut, ganggang-ganggangan, sayuran hijau dan masih banyak yang lainnya. Dengan banyak mengkonsumsi makanan tersebut dapat membantu pencegahan gondok. Mengingat penyakit gondok banyak di derita oleh kaum dalam (tingkat ekonomi yang rendah) dengan banyak mengkonsumsi garam pun sudah bisa membantu pencegahan datangnya penyakit gondok.
smoga bermanfaat.

0komentar:

Post a Comment